Pages

Selasa, 25 November 2014

Bisnis Plan

SOVENIR


PENDAHULUAN

Sebuah trand baru yang sedang booming di masyarakat adalah pemberian souvenir dalam acara-acara tertentu, seperti acara pernikahan, acara ulang tahun, dan saat ibu-ibu yang sedang melahirkan putera-puterinya.
Trand tersebut mulai merambah ke seluruh daerah khususnya di Jawa timur ini. Dan tentunya tak terkecuali di daerah tempat tinggal saya, yaitu daerah Sumenep Madura.
Karena sejatinya para pengusaha dan pebisnis sukses adalah seseorang yang pintar membaca peluang, maka saya berpikir peluang ini dapat dimanfaatkan untuk ajang bisnis. Selain karena telah menjadi trand di msyarakat dan seolah tidak pernah ditinggalkan dalam moment-moment pernikahan dan lain sebagainya juga para pengusaha souvenir ini belum banyak di daerah Sumenep.

DESKRIPSI USAHA (PRODUK)

Usaha yang akan saya jalani ini adalah usaha pembuatan dan penjualan souvenir. Saya akan membuka usaha ini di rmah saya di Sumenep insya allah dimulai januari besok, saat liburan. Jenis souvenir ini beragam mulai dari kipas tangan, handuk, boneka, dompet, dan lain sebagainya, bahkan bisa juga barang-barang pecah belah seperti gelas, cangkir, toples dan lain-lain.
Souvenir ini cocok untuk acara pernikahan, ulang tahun, dan untuk ibu-ibu yang sedang lahiran.
Bentuk dari souvenir ini bervariasi, unik, harga yang standart (artinya disesuaikan terhadap kemampuan pembeli) dan job order, sehingga konsumen juga dapat membeli atau menggunakan produk ini sesuai dengan design yang diinginkannya. Strategi ini saya anggap cukup mampu menarik minat konsumen atau masyarakat.
MITRA USAHA
Mitra usaha saya meliputi toko bahan dan rental/percetakan, sebab dalam souvenir biasanya tercantum tulisan-tulisan entah itu happy wedding, dan lain sebagainya, lebih-lebih pada ibu-ibu yang sedang lahiran tentu ingin menyampaikan pada pengunjungnya tentang siapa nama putera/puterinya, tanggal kelahirannya, dan lain sebagainya.
Untuk toko bahan, mitra usaha saya antara lain :
a.      Toko kipas tangan
b.     Toko dompet
c.      Toko handuk
d.     Toko barang pecah belah
e.      Toko perlengkapan jahit karena biasanya menyediakan mika, pita, dan accesoris yang saya butuhkan.
Sedangkan untuk rental alias percetakan, saya memiliki teman yang bergelut dalam usaa percetakan di sumenep, yaitu percetakan dan sekaligus design. Nama rental nya adalah Bintang Makmur.

PRODUKSI DAN MARKETING
Tahapan-tahapan produksi dan proses pemasaran yang akan saya lakukan meliputi :
1.     Promosi
2.     Terima pesanan
3.     Design produk
4.     Pembelian bahan
5.     Proses pembuatan
6.     Pengemasan
7.     Pemasaran  

SDM DAN PERALATAN
SDM yang saya butuhkan untuk menjadi partner dalam menjalankan usaha ini antara lain Purchasing, designer, dan Marketer.
Untuk designer saya akan mendesignnya sendiri, sambil berkonsultasi pada teman kos saya yang juga membuka usaha souvenir ini di Gersik, sedangkan untuk design tulisan saya akan meminta kerja sama teman saya di Bintang Makmur tersebut, Fawaid Hidayat.
   Kemudian untuk marketer saya akan mengajak kerjasama sanak famili saya yang tidak memiliki pekerjaan tetap, entah itu sepupu. Atau bahkan tetanggajika memang tidak ada.

COMPETITOR
Kompetitor usaha ini menurut saya adalah toko pecah belah di pasar traditional, sebab selama ini biasanya untuk acara lahiran, ib-ibu membeli barang pecahbelah, entah itu toples, gelas, dan lain-lain yang harganya juga terjangkau.

STRATEGI DAN MEDIA PEMASARAN
Strategi dan media pemasaran akan saya lakukan melalui promosi tertulis dengan media Banner dan media-media sosial, seperti facebook, instagram, bbm, tweeter, bahkan website dan lain-lain.
Untuk promosi langsung, akan saya lakukan melalui organisasi-organisasi perempuan seperti KOHATI, Nasyiatul Aisiyah, Aisiyah, Muslimat, Fatayat, IMMawati, dan lain-lain.
Untuk semakin menarik minat konsumen, saya akan menawarkan service direct selling dan deliverry order.

SEGMEN PASAR/KONSUMEN
A.    SEGMENTING
Pengelompokan pasar terdiri atas :
1.     Gender
Gender konsumen saya adalah perempuan
2.     Usia
Usia mulai dari 18 tahun ke atas
3.     Pendapatan
Pendapatan dari konsumen adalah segala tingkatan pendapatan sebab harga yang saya tawarkan variatif tergantung kemampuan konsumen.
4.     Profesi
Profesi juga segala macamprofesi, sebab profesi apapun pasti mengalami moment-moment seperti pernikahan, ulang tahun, lahiran, dan lain sebagainya.

B.    TARGETTNG
Meskipun saya telah mengelompokkan jenis pasar saya, namun target pasar saya jelas adalah kaum perempuan di atas usia 18 tahun.

C.     POSITIONING
Strategi pemasaran seperti yang telah saya jelaskan di atas, yaitu dengan cara lisan dan tulisan, serta dengan penawaranservice berupa direct selling dan deliverry order.
Untuk posisi saya memilih di rumah saya sebab di daerah saya ini cukup prospektif untuk menjalankan usaha ini karena belum banyak kompetitor kita.
 
STRUKTUR BIAYA
Daftar harga produk:
Handuk berbentuk lapis gulung                                : Rp. 18.000
Kain flannel berbentuk es krim di dalam cup       : Rp.   7.000
Dompet kecil di dalam mika                                        : Rp.   8.000
Boneka kecil berbentuk hewan di dalam mika    : Rp.   5.000
Kipas tangan kecil                                                            : Rp.   8.000
Gelas tangkai kecil                                                           : Rp. 12.000
*keuntungan disamaratakan, semuanya saya ambil dua ribu rupiah perproduk.
KEUANGAN BEP (BREAK EVEN POINT)
Modal awal
1 lusin handuk berbentuk lapis gulung                              : Rp. 192.000
1 lusin Kain flannel berbentuk es krim di dalam cup    : Rp.    60.000
1 lusin Dompet kecil di dalam mika                                     : Rp.    72.000
1 lusin Boneka kecil berbentuk hewan di dalam mika  : Rp.    36.000
1 lusin Kipas tangan kecil                                                         : Rp.     72.000
1 lusin Gelas tangkai kecil                                                         : Rp.   120.000
Pembuatan Banner (2 x 4 meter)                                          : Rp.   128.000
Etalase kecil                                                                                    : Rp    400.000
Peralatan (gunting, jarum, dll)                                               : Rp.      50.000
Total                                                                                                  : Rp. 1.130.000

ยต (keuntungan) = Rp. 2.000/produk
BEP = 1.130.000 / 2.000 = 565 produk.
Tiap 1 bulan: 100 produk
Maka BEP setelah 6 bulan


SAMPEL GAMBAR PRODUK

0 komentar:

Posting Komentar